Cara membuat google site

 

Apa Itu Google Sites?

Google Sites adalah platform milik Google yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan mudah. Platform ini juga gratis seperti halnya WordPress.com dan Wix.

Dibandingkan dengan platform-platform pembuatan website lainnya, Google Sites memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Integrasi dengan Google — Karena terhubung dengan akun Google Anda, website yang dibuat dengan Google Sites langsung disimpan di Google Drive. Jadi, Anda tidak perlu susah payah melakukan backup.
  • Tampilan admin area simpel — Google Sites menawarkan tampilan admin area yang mudah dipahami. Anda akan mempelajarinya di artikel ini.
  • Keamanan terjaga — Sama seperti layanan Google lain yaitu Gmail, Google Drive dan GDocs, Google Sites aman dari virus dan serangan hacker.
  • Website cepat — Website yang dibuat menggunakan platform ini dijalankan dengan server Google. Oleh karena itu, kecepatannya tidak perlu dipertanyakan lagi.
  • Fitur sharing — Mengelola website Google Sites sangat mudah, terutama berkat fitur share seperti halnya menggunakan Google Drive dan Docs.

Cara Membuat Website dengan Google Sites

Cara membuat website dengan Google Sites cukup mudah berkat menu dan tampilan yang simpel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Akses Google Sites
  2. Buat draft website
  3. Kenali editor Google Sites
  4. Buat Desain Website
  5. Publikasikan Website
  6. Beli Domain
  7. Hubungkan Domain dengan Google Sites
  8. Tambahkan TXT Record

Namun, bagaimana penjelasan detailnya? Mari simak di bagian selanjutnya:

1. Akses Google Sites

Siapkan dulu akun Google agar dapat menggunakan Google Sites. Jika sudah punya, segera saja akses Google Sites dan log in dengan akun Anda.

2. Buat Draft Website

Setelah masuk ke Dashboard Google Sites, Anda akan menemukan beberapa pilihan template di bagian atas halaman. Dengan adanya template yang siap pakai, Anda bisa mendapatkan desain secara instan.

Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat desain website yang unik?

Caranya, dengan memilih opsi Blank untuk memulai draft website Anda, seperti ditunjukkan di bawah ini:



Posting Komentar untuk "Cara membuat google site"